Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 15 Desember 2014

Jenis-jenis tinta Printer


Sering menggunakan mesin Printer pastinya mesti tau juga jenis-jenis tinta printer yang digunakan, mulai dari biasa, anti air atau yang lainnya. Untuk menghasilkan hasil cetakan sesuai yang diharapkan memerlukan tinta yang sesuai juga. Tinta untuk printer banyak macamnya. Setiap jenis tinta mempunyai fungsi dan kelebihan masing-masing. Untuk memilih tinta yang tepat, harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Berikut ini macam-macam tinta printer, antara lain:
1. Tinta Dye Based
Tinta Dye Base merupakan jenis tinta yang dominan berbahan dasar dari air (H2O) dan dicampur dengan bahan perwarna (Colourant) yang bisa menyatu dengan baik, sehingga kemungkinan mengendap dan mampat pada Printhead Cartridge semakin kecil. Tinta printer tipe DYE water based ini paling banyak digunakan untuk Printer standard karena bersifat hasil cetak yang bagus, hasil print di kertas foto sangat bagus dan warna cerah. Untuk harga tinta jenis dye base juga lebih murah dibanding pewarna utk jenis tinta lainnya, tapi hasil cetak dari tinta dye base kurang tajam, pekat, tidak tahan air atau luntur di kertas HVS terhadap air dan cahaya dibanding tinta pigment
2. Tinta Pigment
Tinta pigment memiliki kualitas cetak yang lebih tajam, pekat, dan tahan air dibanding tinta dye base karena formula tintanya yang terdiri dari Air (H2O), Diluent, Colorant Pigment, dan yang lainnya. Tinta printer jenis Pigment ini memiliki kualitas hasil cetak yang lebih baik, tahan lama, tajam dan anti air (water proof) di semua jenis kertas seperti kertas HVS, Inkjet Paper maupun photo paper. Kekurangan Tinta Pigment ini kalo Printer gak digunakan dalam jangka waktu tertentu, maka Printhead Cartridge akan tersumbat oleh bahan perwarna tinta yang mengendap dan mengering pada nozzle head. Tinta Printer Pigment biasanya digunakan beberapa Produsen printer Original untuk cartridge warna hitamnya, tapi tinta pigment yang non-ori juga banyak dijual dipasaran.
3. Tinta Art Paper
Jenis Tinta Art Paper Ink ini cocok untuk digunakan di percetakan skala kecil maupun skala besar yang sering mencetak di kertas art paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.
4. Tinta Sublim
Jenis tinta water based sublimation ini sering dipakai oleh kebanyakan pengguna infus printer untuk transfer gambar hasil print ke media lain, Printer-printer standard yang digunakan untuk mencetak bahan-bahan sablon, seperti baju kaos, Pin, mug, keramik, dll. Karena Karekteristik Tinta sublim yang jauh lebih tahan terhadap air dan degradasi warna yang lebih kuat. Formula Tinta Sublim dominan mengandung minyak, perwarna(Colorant), diluent, dan zat lainnya, oleh karena itu tinta Sublim memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibanding Tinta Pigment, tapi resiko Printhead tersumbat lebih besar dibanding Tinta Pigment. Metode transfer yang digunakan adalah cetak ke kertas hvs atau inkjet paper lalu di heat press ke kaos, mug, keramik, dll.
5. Tinta DTG (Direct to Garment)
Tinta DTG merupakan tinta khusus yang digunakan untuk mencetak langsung di media berbahan tekstil menggunakan printer. Printer yang dipakai biasanya printer kantoran seperti EPSON A3 yang sudah dimodifikasi. Tinta DTG biasanya dipakai untuk usaha percetakan sablon kaos digital. (artikel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar